Perkembangan Sistem Reproduksi Ternak

Perkembangan Sistem Reproduksi
Selama periode embrio bahan dasar alat-alat reproduksi baik pada hewan jantan maupun betina sudah dipersiapkan. Didalam embrio muda gonad atau alat kelamin primer berada dalam keadaan indiferen dan sampai pada saat ini belum ada bukti yang menunjukkan apakah individu itu akan membentuk ovarium atau testes. Namun sifat-sifat chromatin dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin jauh sebelum alat-alat reproduksi berdiferensiasi. 

Pada awal periode embrio, gonad dapat dikenali dengan 2 lipatan yang muncul pada sisi-sisi dinding perut bagian dorsal (kira-kira umur 30 hari) yang disebut punggung lipatan kelamin. Dengan berkembangnya embrio terjadi invaginasi di eoitel lembaga yang membungkus punggung lipatan kelamin dan terbentuklah simpul alat kelamin primer. Di tempat sel lembaga muncul dalam epitel lembaga. Alat kelamin utama tumbuh dari punggung lipatan kelamin bagian tengah, bagian anterior dan posterior tumbuh sedikit sekali dan akhirnya berdegenerasi. Perbedaan kecepatan perkembangan gonad bagian kiri dan kanan, pada bagian gonad sebelah kiri dan salurannya  lebih cepat berkembang daripada yang kanan.

Awal Perbedaan Jenis Kelamin
Sesudah alat kelamin netral pada waktu masa embrio, yang jangka waktunya beragam menurut jenis hewan, mulailah terjadi perubahan yang menetukan perbedaan jenis kelamin. Perubahan ini dibuktikan oleh perbedaan bentuk epitel lembaga, perbedaan pembentukan simpul alat kelamin, perubahan pada stroma khususnya pada pembentukan albuginea, perbedaan jumlah sel kelamin dan perbedaan saat terbentuknya sel-sel interstisial.

Simpul Kelamin Primer pada Hewan Jantan
Pada testes hanya sepasanng simpul yang berkembang menjadi simpul kelamin primer. Simpul kelamin sedikit demi sedikit memisahkan dari epitel lembaga tetapi meluas perkembangannya kea rah simpul rete yang terletak dekat dengan saluran wolf. Mula-mula simpul tersebut lurus tetapi sedikit demi sedikit menjadi bekelok-kelok dan akhirnya bercabang-cabang dan melebur satu sama lain sehingga membentuk jala terbuka. Sel-sel lembaga yang akan menjadi spermatogonia, tetap relative sedikit sampai beberapa waktu sesudah waktu kelahiran dan pada beberapa peristiwa sampai akil balig. Bersamaan dengan penambahan jumlah sel lembaga maka simpul kelamin berkembang dengan memebentuk rongga dipusatnya dan menjadi tubuli semineferi.

Simpul Kelamin Sekunder pada Hewan Betina
Pada hewan mamalia betina simpul kelamin sekunder timbul dari epitel lembaga dan tumbuh ke dalam. Pada umumnya, sejak saat munculnya simpul kelamin  sekunder, simpul kelamin primer berhenti tumbuh dan terlihat menyusut dan akhirnya menghilang di dalam jaringan ikat di daerah medulla ovarium. Simpul medulla serupa dengan tubuli seminiferi pada jantan. Simpul kelamin sekunder menjadi cortex ovarium, ujung simpul berubah menjadi sarang sel, tiap sarang terdiri dari sel telur yang besar yang diliputi oleh lapisan sel-sel epitellium.

Saluran Kelamin
Selama tahap indiferen, dua pasang saluran kelamin yang berbeda muncul dalam embrio :
  1. Saluran yang akan menjadi jantan, yaitu saluran wolff, tubuli uriniferi yang setingkat dengan badan wolff, simpul rete, yang menghubungkan simpul kelamin primer dengan tubuli wolff.
  2. Saluran yang akan menjadi betina yaitu saluran muller.
Saluran wolff tumbuh dari penyatuan ujung-ujung distal tubuli pronephros. Ini terjadi pada waktu setiap tubulus membelok ke belakang dan bergabung dengan salah satu saluran di belakangnya, membentuk pembuluh yang langsung berhubungan dengan sinus urogenitalis. Sesudah masa indiferen berakhir, tiap-tiap saluran wolff pada hewan jantan menjadi epididimis dan vasa deferentia. Bagian ujung anterior bergelung dan mempunyai dinding yang berurat daging dan ini membentuk epididimis. Bagian tengah dan belakang membentuk vas deferens. Pada hewan betina bagian tengah berdegenerasi dan hilang. Bagian anterior yang pendek akan tetap berhubungan dengan epoophoron dan suatu bagian posterior yang pendek menetap di kedua belah sisi vagina sebagai saluran Gartner.

Download File Lengkapnya


Pass : http://info-peternakan.blogspot.com/