Contoh Laporan praktikum Ilmu Ternak Unggas

Berikut ini adalah potongan dari Contoh Laporan praktikum Ilmu Ternak Unggas. Kalian bisa mendapatkan File lengkap tentang Laporan ini dibagian bawah artikel ini.

Abstrak
Ayam Pedaging (Broiler) adalah ayam ras yang mampu tumbuh cepat sehingga dapat menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat (5-7 minggu). Broiler mempunyai peranan yang penting sebagai sumber protein hewani asal ternak.

Perkembangan teknik pembibitan sejalan dengan perbaikan mutu genetik yang dilakukan oleh para ahli genetik. Para ahli memiliki catatan individu ayam merupaka dasar untuk membentuk strain ayam yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Contohnya, strain ayam yang menghasilkan produksi daging dan tingkat efisiensi pakan yang tinggi.

Suatu usaha peternakan sebaiknya memberi pakan yang seimbang dengan pertambahan berat badan pada ayam, sehingga mencapai efisiensi yang dinyatakan dalam perhitungan FCR. Karena  semakin rendah angka FCR, semakin baik kualitas pakan, karena lebih efisien (dengan pakan sedikit menghasilkan bobot badan yang tinggi).

Tujuan dari praktikum Ilmu Ternak Unggas mengenai Karakteristik Pertumbuhan Ayam Ras Pedaging Yang Dipelihara Berdasarkan Kelompok Berat Badan Yang Berbeda yaitu untuk mengetahui serta untuk mengetahui dan melihat konsumsi pakan, pertumbuhan berat badan, serta konversi pakan dari ayam ras pedaging.

Adapun kegunaan dari praktikum ini adalah mampu mengetahui secara langsung tatalakana pemeliharaan ayam pedaging fase starter dan finisher, serta mampu melihat dan mengetahui konsumsi pakan, pertumbuhan berat badan dan konversi pakan dari ayam ras pedaging.