Cara Pemeliharaan Mencit


Cara Pemeliharaan Mencit
Pemeliharaan mencit harus menggunakan box mencit atau kandang mencit yang bersih. Pemeliharaan mencit dilakukan dalam box mencit (kandang mencit) yang telah disiapkan, dengan memberikan serbuk gergaji sebagai alas. Kandang mencit harus selalu diperhatikan kebersihannya, terutama pergantian serbuk gergaji yang dilakukan minimal sekali dalam seminggu, serta box mencit juga dibersihkan (Smith, 1998). 

Mencit ( Mus musculus ) selalu berada di dalam bangunan sarangnya bisa ditemui didalam dinding, lapisan atap ( eternit ), kotak penyimpanan atau laci. Kadang mencit yang baik untuk pemeliharaan harus tetap kering dan tidak terendam air karena dapat membuat mencit terkontaminasi oleh bakteri sehingga dapat menyebabkan penyakit yang dapat menularkan kepada manusia. Penyakit bersumber rodensia yang disebabkan oleh bebagai agen penyakit seperti virus, rickettsia, bakteri dan cacing dapat ditularkan kepada manusia secara langsung melalui gigitan atau ludah rodensia, urin, feses, dan pinjal, dan tidak langsung melalui gigitan vektor eksparasit tikus dan mencit ( kutu, pinjal, caplak, dan tungau ) ( Anonim, 2007).

Mencit merupakan hewan pengerat yang pandai memanjat dan pemakan bendav keras. Pada tikus liar atau tikus got berprilaku menggali lubang di tanah dan hidup dilubang tersebut, sangat pandai memanjat dan biasanya memakan benda-benda yang ditemukan serta bersifat merugikan. Sedangkan pada tikus rumah pandai memanjat, suka mengigit benda-benda keras dan hidup atau tinggal di semak-semak, dalam rumah, gudang, dan took makanan (AnonimC, 2009).

Mencit merupakan hewan yang sering ditemukan disawah,dirumah atau atau dimana saja. Tikus dikenal sebagai binatang cosmopolitan yaitu menempati hamper di semua habitat. Habitat dan kebiasaan jenis tikus yang yang dihubungkan dengan manusia, yaitu (Anoinimc, 2009) :

  • R. nervegicus
    Menggali lubang, berenag dan menyelam, mengigit benda-benda keras  Seperti kayu bangunan, aluminium dsb. Hidup dalam rumah, gudang bawah tanah, dek dan saluran dalam tanah/riel/got.
  • R. ratus diaradii
    sangat pandai memanjat, biasanya disebut sebagai pemanjat ulung, mengigit benda-benda yang keras. Hidup dilubang pohon, tanaman yang menjalar hidup dalam rumah tergantung pada cuaca.
  • M. musculus
    Termasuk rodensia pemanjat, kadang-kadang menggali lubang, menggigit,hidup didalam dan diluar rumah.

Karakteristik lainnya adalah cara berjalan dan perilaku hidupnya. Semua rodensi komersial berjalan dengan telapak kakinya. Beberapa jenis rodensia adalah ratus nervegicus, ratus diardii dan mus musculus.

Berperilaku menggali lubang di tanah dan hidup di lubang  tersebut. Sebaliknya Rattus ratus diardii ( tikus rumah ) tidak tinggal di tanah teapi di semak – semak atau diatap bangunan. Bantalan telapak kaki jenis tikus ini disesuaikan untuk menarik dan memegang yang sangat baik. Hal ini karena pada bantalan telapak kaki terdapat guratan – guratan betelur, sedang pada rodensia penggali bantalan telapak kakinya halus. 

R.komensal adalah pemanjat yang ulung, tikus atap atau tikus rumah yang bentuknya lebih kecil dan langsing lebih beradaptasi untuk memanjat dibandingkan dengan tikus riol/got. Namun demikian kedua spesies tersebut dapat memanjat kayu dan bangunan yang permukaannya kasar karena pada telap kakinya terdapat     guratan – guratan betelur.