Sejarah/Asal Usul Mencit


Sejarah/Asal Usul Mencit
Mencit liar atau mencit rumah (Mus musculus) termasuk dalam ordo Rodentia, Sub ordo Myomorpha, Fam Muridae dan sp murinae. Penyebaran sangat luas; semua jenis (strain) yang dapat dipakai di laboratorium sebagai hewan percobaan berasal dari mencit liar yang melalui seleksi. Masing-masing jenis dicirikan melalui warna, perangai , susunan anatomi, fisiologi dan morkologinya. 

Mencit digunakan sebagai hewan model hidup dalam berbagai kegiatan penelitan terutama yang akan diterapkan pada manusia. Hewan ini mudah didapat, mudah dikembangbiakkan dan harganya relatip murah, ukurannya kecil sehingga mudah ditangani, jumlah anak perperanakannya banyak. Sebagaimana makhluk hidup lainnya selama pertumbuhan dan perkembangannya mencit tidak dapat lepas dari pengaruh berbagai faktor lingkungan hidupnya (Anonima, 2009)

Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi khususnya dalam bidang biomedis, kebutuhan hewan percobaan terutama mencit semakin meningkat kualitas maupun kuantitasnya. kualitas dalam arti mutu hewan yang secara genetik memungkinkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan. Untuk memenuhi kebutuhan di atas diperlukan pengelolaan khusus secara profesional. Mencit adalah hewan pengerat yang banyak terdapat disawah dan merupakan hama bagi petani. Ciri khas dari mencit yaitu kulit,rambut tidak berpigmen sehingga warnanya putih, mencit lebih tahan terhadap penyakit dan lebih jinak. Jumlah anak saat melahirkan adalah sekitar 8 sampai 12 ekor per reproduksi (Anonima, 2009).