TopMenu

Sistem Peredaran Darah Mamalia


Defenisi Sistem Peredaran Darah 
Dalam sistem peredaran darah, jantung memiliki peranan yang sangat vital. Dimana jantung berfungsi memompa darah kaya oksigen ke dalam sistem arteri (yang membawanya ke sel-sel) dan menampung darah deoksigen dari sistem vena dan meneruskannya ke paru-paru untuk reoksigenasi. Berikut adalah sistem peredaran darah mamalia dan burung.


Sistem peredaran darah mamalia
Jantung mamalia terbagi menjadi 4 ruangan, yaitu:
2 atrium : 1 atrium dekster (seranbi kanan)
                   1 atrium sinister (serambi kiri)
2 ventrikel : 1 ventrikel dekster (bilik kanan)
                        1 ventrikel sinister (bilik kiri)
Sekat di antara ventrikel kiri dan ventrikel kanan sempurna sehingga tidak terjadi percampuran darah yang kaya O2 dan yang miskin O2 . Peredaran darah reptilia merupakan peredaran darah ganda. 

Sistem peredaran darah adalah sistem yang memiliki hubungan dengan pergerakan darah di dalam pembuluh darah dan juga perpindahan dara dari suatu tempat ke tempat lain. Fungsi peredaran darah adalah mengngkut zat-zat makanan dari saluran pencernaan ke seluruh jaringan tubuh, mengangkut oksigen dan karbondioksida dari seluruh jaringan ke alat respirasi, mengngkut hormon dari kelenjar endokrin ke target organ dan mendistribusikan panas dari sumbernya ke seluruh bagian tubuh. Denngan adanya peredaran darah maka akan tercipta lingkungan yang sesuai dengan jaringan tubuh. Kondisi yang tetap dapat tercapai bila ada pemindahan zat melintasi dinding pembuluh kapiler yang arahnya baik dari darah menuju cairan jaringan atau dari cairan jaringan menuju darah. Fenomena ini dikenal sebagai konsep “Homeostasi”